Senin, 30 April 2012


Parenting Talkshow bertema :
MENDISAIN KARAKTER ANAK
Dalam Rangka Milad TKIT & PG Darul Amanah Kuningan

Bertempat di gedung Sanggar Riang jalan siliwangi Kuningan, hari itu Minggu 18 Maret 2012 berlangsung PARENTING Talkshow. Kegiatan dengan tema “Mendisain Karakter Anak” ini dihadiri para orang tua dan juga para guru yang terhimpun dalam wadah IGTK, IGRA serta HIMPAUDI.

Parenting Talkshow adalah puncak dari rangkaian kegiatan MILAD TKIT & PG Darul Amanah Kuningan. Acara yang dikemas secara menarik dan interaktif ini menghadirkan pembicara kondang Hj. Sunarsih Wijaya atau lebih dikenal dengan Umi Ninie. Umi Ninie adalah pakar sekaligus praktisi pendidikan anak, sehari-hari menjabat sebagai Direktur eksekutif Lembaga Pembinaan Generasi Dini Muslim (LPGDM) Ri’ayatul Ummah, atas dedikasinya dalam pengembangan pendidikan usia dini ia meraih penghargaan sebagai tokoh perubahan dari KEMENAG RI tahun 2009. Tampil sebagai moderator, Damanhuri Zuhri, wartawan senior harian umum Republika.

Sedianya acara ini akan dihadiri oleh Hj. Netty P Heryawan, MSi istri Gubernur Jabar serta Ibu Hj. Utje Ch Suganda istri Bupati Kuningan. Namun Ibu Netty, tidak bisa hadir karena sakit, tepatnya masih dalam pemantauan dokter dimana hari kamis (15/3/2012) baru keluar dari Rumah sakit untuk kemudian rawat jalan. Sedangkan Ibu Utje, ada keperluan ke luar kota. “Sebetulnya hadirin sekalian, Umi Ninie sudah rindu bertemu ibu Netty, karena menurut pengakuan Umi; Ibu Netty adalah salah satu orang yang menginspirasi, mengajak dan menyemangatinya berdakwah”, ungkap Damanhuri mengawali dialog.”Namun Alloh menentukan takdir lain buat kita, maka yang terbaik yang bisa kita lakukan adalah mendoakan ibu Netty agar bisa lekas sehat dan kembali beraktivitas seperti sedia kala”, kata Damanhuri seraya mengajak seluruh peserta membacakan al fatihah untuk ibu Netty dan siapapun yang tengah kurang sehat.
Dalam sharingnya Umi Ninie memaparkan tentang pentingnya sinergi antara orang tua dan guru dalam membina anak. “Pendidikan anak tidak hanya tanggung jawab para Guru”, ungkap Umi Nini.”Pendidikan anak sejatinya tanggung jawab Orang tua selain tentunya guru, pemerintah dan masyarakat”, jelasnya.
“Orang tua, terutama Ibu adalah Guru Besar untuk anak-anaknya”, cetus Umi Ninie meyakinkan audiens. “Ibu adalah tempat dan sumber belajar pertama”, ujarnya mengingatkan. Di mata Umi Ninie orang tua dan guru harus terus mengembangkan kapasitasnya dengan penuh kesadaran dan tanggungjawab. Iapun menyoroti betapa vitalnya peran orang tua dibantu guru.

Lebih lanjut dalam merencanakan penumbuhan karakter positif anak, Umi Ninie menyarankan untuk mencontoh atau meneladani rasululloh SAW. Menurutnya, Nabi SAW adalah referensi terbaik langsung dari Alloh SWT yang efektif dan efisien dalam proses mendisain karakter anak.
Beberapa tips mendisain karakter anak ala rasululloh disampaikan secara dialogis oleh Umi Ninie. Moderator dengan cerdik menggali pengayaan bahasan dengan melibatkan peserta. Di sela presentasinya, Umi Ninie mempersembahkan kebolehannya dengan menyanyikan beberapa lagu religi seperti Umat nabi Muhammad dan Ayo Bersyahadat yang merupakan hasil  ciptaannya sendiri. Sontak para peserta dibuat terkagum-kagum, karena selain pemaparannya yang tajam suara Umi Ninie pun terdengar begitu merdu.

Launching KOMUNITAS PARA PENCINTA ILMU & KELUARGA

Bersamaan dengan acara Parenting Talkshow, di-launching pula berdirinya Komunitas Para Pencinta Ilmu & Keluarga. Kehadiran komunitas ini dimaksudkan untuk mewadahi kepentingan kolektif dalam mengembangkan kapasitas orang tua dan guru. Serta langkah nyata mendampingi pendidikan anak-anak.
“Anak-anak adalah wajah dan potret masa depan keluarga dan masyarakatnya”, kata Iman Priatna Rahman sang Koordinator komunitas. “Jadi membincangkan dukungan akan pola dan kondisi terbaik pendidikan anak pada dasarnya membincangkan tempat terbaik keluarga dan masyarakat kita di masa depan”, sambung Iman dalam pengenalan komunitas ini.

Komunitas Para Pencinta ilmu & Keluarga, resmi berdiri tanggal 18 Maret 2012 dengan deklarator seluruh peserta kegiatan parenting talkshow, termasuk pembicara utama dan moderator. Kemunculan komunitas ini diharapkan menjadi bukti semangat dan kepedulian para orang tua dan guru untuk menjadi pendamping terbaik proses pembelajaran anak.

“Cara terbaik untuk memastikan anak-anak kita sehat, soleh dan cerdas…adalah bagaimana terutama orang tua serta guru-gurunya terus berusaha untuk menjadi sehat, soleh dan cerdas”, sebut Iman. “Semoga komunitas menjadi tempat kita bahu membahu meningkatkan kapasitas orang tua dan guru”, harapnya penuh keyakinan.
“Ke depan kita akan menggelar beragam program pengembangan kapasitas orang tua dan Guru, baik Parenting Development Program ataupun Teacher Capacity Building, insya Alloh. Semoga Alloh memudahkan semua rencana baik kita, amin”, pungkas Iman mengakhiri penjelasannya.

Panitia kegiatan tak lupa menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas antusiasme yang tinggi dari para orang tua dan guru yang hadir pada acara tersebut. “Semoga menjadi salah satu amal soleh kita dihadapan Alloh SWT”, harap Mimi Garmiasih penanggung jawab rangkaian MILAD TKIT & PG Darul Amanah Kuningan.

Tidak ada komentar: